Misteri Alam Semesta

Penjelajahan angkasa luar terus dilakukan. Berbagai misteri seputar kehidupan di angkasa luar memang terus menjadi hal menarik untuk dieksplorasi. Karena itu, satelit dan pesawat angkasa luar terus diorbitkan untuk meneliti angkasa.

Baru-baru ini, sebuah penemuan kembali terjadi. Satelit pemburu planet asing milik Perancis, COROT, rupanya berhasil merekam sebuah planet baru di luar tata surya kita. Planet yang ditemukan itu mengorbit sebuah bintang yang mirip matahari. Yang menakjubkan, bentuknya padat seperti bumi, dan bukan seperti penemuan yang sudah-sudah dimana rata-rata berbentuk gumpalan gas raksasa seperti Jupiter.

Planet temuan yang diberi nama CoRot-Exo-7B itu terletak begitu dekat dengan bintang induknya yang berada 457 tahun cahaya dari Bumi (1 tahun cahaya setara dengan 9,5 triliun kilometer) sehingga permukaannya terbakar. Suhu di permukaannya sangat panas sehingga diperkirakan berupa lava pijar atau uap air dengan konsentrasi tinggi antara 1.000 hingga 1.500 derajat Celsius. Meski begitu, planet tersebut mungkin tersusun dari setengah batu dan setengah air. Karena itu planet itu disebut “planet sauna” mengingat betapa panasnya suhu di permukaannya.

Lantas, bagaimana adanya kemungkinan kehidupan di sana? Mengingat suhu dan jarak dengan “matahari”-nya, sepertinya mustahil dihuni. Meski begitu, penemuan ini terus membuat para peneliti dan penjelajah angkasa luar semakin semangat menemukan kemungkinan kehidupan lain di luar sana.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: